Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2016

0
766

Kantor Bahasa Maluku memiliki program tahunan yakni memilih enam pasang duta bahasa dari kalangan mahasiswa dan umum. Program ini telah dimulai dari bulan April lalu, dengan merekrut peserta dari kalangan mahasiswa dan umum untuk menjadi duta bahasa. Penilaian akhir berlangsung di Ambon City Center, Sabtu (28/5/2016).

Pemilihan Duta Bahasa dengan merekrut kalangan mahasiswa dan umum yang berusia 17-25 tahun, pria dan wanita, yang memiliki kepribadian menarik dan tinggi proposional. Pemenang I yang keluar menjadi pemenang, akan mengikuti pemilihan duta bahasa tingkat nasional di Jakarta pada bulan Oktober 2016 nanti.

Penjaringan calon peserta duta bahasa dimulai dengan seleksi administrasi, yaitu pada tanggal 4 April – 20 Mei 2016. Berkas-berkas yang masuk ke panitia yaitu sebanyak 67 dokumen. Setelah itu, panitia melakukan seleksi terhadap kelengkapan berkas, dan data-data pendukung. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2016. Melalui seleksi tersebut, panitia menentukan 40 peserta yang mengikuti pembekalan selama dua hari di Balai Diklat Perikanan Ambon. Pembekalan berlangsung pada tanggal 26 – 27 Mei 2016. Pembekalan diadopsi dari pemilihan duta bahasa nasional. Hal tersebut dimaksudkan agar pemenang duta bahasa provinsi Maluku nantinya tidak akan merasa bingung dan mampu beradaptasi pada pemilihan duta bahasa nasional.

Pada tanggal 27 Mei pukul 07.00 – selesai  WIT bertempat di Balai Diklat Perikanan Ambon, para peserta diminta untuk mempresentasikan makalah dan visi misi mereka jika terpilih menjadi Duta Bahasa Provinsi Maluku. Pada tanggal 28 Mei pagi, masih di tempat yang sama, para peserta menampilkan bakat-bakat seni yang mereka miliki. Hasil dari dua penilaian tersebut kemudian diakumulasikan menjadi data awal penentuan 12 peserta terbaik yang akan diumumkan pada malam puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku bertempat di Ambon City Center (ACC).

Pada tanggal 27 Mei pukul 17.00 WIT para peserta kembali menunjukkan kemampuannya. Berdasarkan hasil penilaian yang telah diperoleh selama pembekalan, maka panitia mengumumkan 12 peserta terbaik yang terdiri dari 6 orang wanita dan 6 orang pria. Selanjutnya ke 12 peserta tersebut diberikan pertanyaan-pertanyaan oleh juri untuk melihat ketrampilan mereka dalam menjawab pertanyaan dan berbicara di atas panggung. Melalui penilaian tersebut, diperoleh pemenang I putra/i, II putra/i, dan III putra/i. Nama-nama yang keluar sebagai pemenang dalam pemilihan Duta Bahasa kali ini, antara lain, Julio Putra Nunumete, Monica A. Seipala, Leonardo J. Sipahelut, Florensia Tuhumury, Abdul Rifan Syarif, dan Julina Muhammad.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.