Buaya Laerisa Kayeli

0
864

Cerita rakyat Buaya Learisa Kayeli sangat populer di kalangan masyarakat Maluku, terutama mereka yang bermukim di pulau Ambon dan pulau-pulau Lease. Buaya Learisa Kayeli dikisahkan hidup di sungai Learisa Kayeli, pulau Haruku. Buaya tersebut berperilaku ramah terhadap warga setempat dengan menjadikan punggungnya sebagai pijakan warga yang hendak menyeberangi sungai. Selain itu, buaya tersebut memiliki sikap solidaritas yang tinggi terhadap hewan lain yang teraniaya dan juga berani melawan hewan yang berbuat jahat terhadap sesama (ular raksasa). Kebaikan, solidaritas, dan keberanian yang ditunjukkan Buaya Learisa Kayeli itulah yang menjadikan cerita ini menjadi sangat populer pada masyarakat Maluku.

Cerita rakyat ini juga terkait erat dengan mitos ikan lompa yang berkembang-biak di perairan pulau Haruku. Setiap tahun, pada bulan tertentu, masyarakat Negeri Harukui melaksanakan ritual penangkapan ikan lompa di muara sungai Learisa Kayeli. Ikan lompa tersebut dikisahkan berasal dari pulau Seram yang dibawa oleh Buaya Learisa Kayeli atas jasanya telah menaklukan ular raksasa yang mengganggu
buaya-buaya pulau Seram

Banyaknya muatan edukasi menempatkan cerita Buaya Learisa Kayeli sebagai cerita rakyat yang patut dilestarikan dan senantiasa diwariskan kepada generasi muda. Cerita rakyat ini perlu disusun dalam alur yang menarik dan perlu didukung oleh gambar-gambar yang sesuai agar dapat menarik minat generasi muda membacanya.

Unduh di sini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.