Siaran Pers Klarifikasi Pemenang Favorit Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2021

0
578

Pada ajang pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku, panitia menetapkan ada pemilihan peserta terfavorit yang ditentukan berdasarkan jumlah suka (like) pada akun Instagram ika.dubasmaluku dengan syarat para penyuka mengikuti akun ika.dubasmaluku dan menyukai foto/postingan finalis favorit mereka sebanyak-banyaknya. Untuk hal tersebut, 30 finalis diberi kesempatan untuk mendapatkan jumlah penyuka (like).


Selanjutnya, pada H-1 acara puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2021 (Kamis, 8 Juli 2021 pukul 19.38) panitia mendapat komplain atau protes dari salah satu peserta terkait jumlah suka yang dianggap janggal, dikarenakan jumlah suka (like) yang tidak seimbang dengan jumlah tayangan postingan, yakni pada postingan peserta perwakilan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Iqra Kabupaten Buru, atas nama Feni Ayu Lestari.


Panitia menelusuri jejak digital pada Kamis, 8 Juli 2021 pukul 19.58, panitia mengecek postingan dan peserta tersebut mendapat jumlah suka (like) sebanyak 3.161 dan jumlah tayangan sebanyak 1.630. Hal ini pun dianggap janggal oleh panitia karena tidak seimbangnya penyuka dan penonton (tayangan). Normalnya, jumlah suka (like) dan tayangan harus seimbang karena hal tersebut saling berkaitan atau jumlah tayangan bisa lebih banyak dibandingkan jumlah suka (like) dikarenakan ada pengunjung yang melihat tayangan tetapi tidak menyukai postingan tersebut. Ketika ada pendukung yang mengunjungi postingan dan menyukainya maka jumlah suka (like) dan jumlah tayangan akan sama-sama bertambah seperti yang terjadi pada postingan peserta lainnya di akun ika.dubasmaluku, namun pada postingan peserta tersebut malah terjadi jumlah suka (like) 5.449 lebih banyak daripada jumlah tayangan (1.711). Oleh sebab itu, panitia memutuskan untuk tidak memasukkan peserta tersebut dalam daftar penyuka terbanyak. Hal ini dikarenakan ada indikasi ketidakjujuran, padahal dalam ajang pemilihan Duta Bahasa ini yang paling diutamakan adalah masalah kejujuran.
Akhirnya, pada Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2021 yang terpilih sebagai Duta Bahasa Terfavorit untuk Kategori Putra a.n. Muhammad Farik Soumena dengan jumlah suka (like) 613, tayangan 1.141 dan Kategori Putri a.n. Kezia Julia Tutupary dengan jumlah suka (like) 973, tayangan 2.268

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.