Pelatihan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar Tahun 2022

0
380

Kantor Bahasa Provinsi Maluku (KBPM) menyelenggarakan Pelatihan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar dari 22 hingga 25 Februari 2022 di Hotel Pacific Ambon. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada peserta pelatihan tentang program dan pengajaran BIPA serta merekrut individu-individu yang tertarik menjadi pengajar BIPA.

Narasumber kegiatan ini adalah Falantino E. Latupapua, S.Pd., M.A. (Ketua APP BIPA Maluku), Dr. Romilda A. da Costa, S.S., M.Hum. (Dosen Program Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pattimura), dan Frengky Tehumury, S.Pd. (Pengajar BIPA Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura).

Materi yang disajikan dalam pelatihan antara lain Program dan Kebijakan BIPA, Pelajaran Kemahiran Berbahasa dan BIPA, Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing, Tata Bahasa dalam Pengajaran BIPA, Pemanfaatan Media Pembelajaran BIPA, Integrasi Seni dan Budaya dalam Pengajaran BIPA, dan Desain Pembelajaran Ke-BIPA-an. Selain pemberian materi, pelatihan disertai tugas kelompok, pembuatan RPP, dan simulasi mengajar.

Sebanyak tiga puluh peserta pelatihan berasal dari Universitas Pattimura, Institut Agama Islam Negeri Ambon, Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Politeknik Negeri Ambon, Himpunan Pramuwisata Indonesia Maluku, dan masyarakat umum mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Meski terdapat kendala, yaitu beberapa peserta yang tidak berlatar belakang sarjana pendidikan kurang memahami istilah teknis yang dipakai selama proses belajar mengajar.

“Merupakan kehormatan dan kebanggaan ketika saya diberi kesempatan untuk mengikuti Pelatihan Pengajar BIPA Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek. Saya belajar banyak materi dan pengalaman dari para praktisi pengajar BIPA yang sungguh berkompeten. Semoga ilmu yang dipelajari dapat menjadi bekal kami untuk menekuni bidang ini. Saya berharap Kantor Bahasa Provinsi Maluku berkenan untuk terus memfasilitasi perkembangan pengajaran BIPA, dan memfasilitasi pelatihan-pelatihan lanjutan. Terima kasih saya ucapkan kepada para peserta, pemateri, dan Kantor Bahasa Provinsi Maluku”, jelas Aditya S. Retraubun, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Maluku.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.