Pembinaan dan Sosialisasi Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Kota Ambon Tahun 2022

0
200

Kantor Bahasa Provinsi Maluku (KBPM) menyelenggarakan Pembinaan dan Sosialisasi Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Kota Ambon dari 22 hingga 25 Februari 2022. Pembinaan dilakukan pada 22–23 Februari 2022 yang dilanjutkan dengan sosialisasi pada 24–25 Februari 2022 di Hotel Golden Palace, Ambon. Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan ini yang berasal dari Lembaga Pemerintah, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Swasta di Kota Ambon.

Dalam sosialisasi ini dibedah beberapa temuan berkaitan dengan penggunaan bahasa negara, termasuk membedah beberapa naskah dinas dari lembaga tersebut. Narasumber pada kegiatan sosialisasi ini, yaitu Kepala KBPM, Sahril, S.S., M.Pd. membawakan materi Kebijakan dan Materi Penggunaan Bahasa di Ruang Publik dan Tata Naskah Dinas dan Penyuluh KBPM, Widya Sendy Alfons, S.Pd. membawakan materi Diskusi terkait Objek di Ruang Publik dan Dokumen Lembaga.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pengutamaan Bahasa Indonesia di ruang publik dan penggunaan Bahasa Indonesia di Surat Dinas. Antusias para peserta cukup tinggi untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa Indonesia yang naik dan benar, khususnya pada naskah dinas. Peserta juga merasa berterima kasih kepada KBPM yang telah menjadikan lembaga mereka untuk dibina selama tiga tahun.

Pada acara penutupan, Kepala KBPM menyampaikan harapkan agar antara KBPM dan lembaga yang dibina terus menjalin kerja sama agar memperoleh hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.