Pembinaan dan Sosialisasi Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara

0
165

Kantor Bahasa Provinsi Maluku (KBPM) melakukan rangkaian kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara dari 14 sampai 19 Maret 2022. Kegiatan diawali dengan pembinaan di Kota Tual, 14–15 Maret 2022; dilanjutkan pembinaan di Kabupaten Maluku Tenggara, 16–17 Maret 2022; dan diakhiri dengan sosialisasi, 18–19 Maret 2022 di Aula Dinas Pendidikan Kota Tual.

Acara Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Asisten II Kota Tual. Beliau membacakan sambutan Wali Kota Tual yang menyatakan bahwa kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh KBPM merupakan anugerah bagi Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara karena tidak semua daerah di Maluku menjadi sasaran pembinaan selama 3 tahun. Oleh sebab itu, kepada para peserta kegiatan beliau meminta komitmen bersama untuk bersedia membenahi penggunaan bahasa Indonesia di instansi masing-masing. Setelah acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai bahasa oleh Kepala KBPM, Sahril, S.S., M.Pd. dan Penyuluh KBPM, Widya Sendy Alfons, S.Pd. kepada 30 orang peserta kegiatan yang terdiri atas perwakilan dari Lembaga Pemerintah, Pendidikan, dan Swasta.

Kegiatan mendapat respons positif dari peserta yang secara aktif bertanya mengenai penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Melalui rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.