Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin Maluku Barat Daya

0
317

Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin telah sukses diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku di Desa Werwaru, Kecamatan Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya. Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin ini dilaksanakan pada Senin, 30 Mei 2022. Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin ini dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya, undangan dari OPD, Camat Pulau Moa, dan beberapa undangan lainnya. Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin ini ditonton oleh ratusan masyarakat Desa Werwaru dan seluruh masyarakat sangat antusias menyaksikan pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin yang sudah hampir punah di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Total peserta yang mengikuti Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin ini berjumlah 45 orang, yang terdiri atas 4 dari siswa SD, 24 dari siswa SMP, 16 dari siswa SMA/SMK, dan 1 dari mahasiswa. Sebelum melakukan pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin ini, seluruh peserta dilatih mulai dari tanggal 19—29 Mei 2022 sesuai dengan silabus yang telah disusun oleh tim Revitalisasi Sastra Seka Sikin Kantor Bahasa Provinsi Maluku. Para peserta dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok Tarian Seka yang seluruhnya laki-laki berjumlah 22 orang dan kelompok Tarian Sikin yang seluruhnya perempuan berjumlah 22 orang, dan seorang penabuh tifa. Ada tiga Tarian yang dibawakan oleh seluruh peserta, yaitu Tarian Sikin disebut Tarian Wnyotne, Tarian Seka disebut Tarian Hnyek Lawne, dan Tarian Seka Sikin disebut Tarian Lalane. Dalam setiap tarian, para peserta menyanyikan lagu berupa syair dan pantun dalam Bahasa Moa.

Pelaksanaan pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin yang dilakukan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku ini mendapat apresiasi yang sangat luar biasa, baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat Desa Werwaru. Mereka rindu melihat dan menonton pertunjukkan Tarian Seka Sikin ini yang hampir punah di Kabupaten Maluku Barat Daya. Pada survei awal, tim revitalisasi sastra Kantor Bahasa Provinsi Maluku sangat sulit mencari calon pelatih Tarian Seka Sikin ini, karena sudah sangat jarang dipertunjukkan. Akhirnya, tim revitalisasi sastra Kantor Bahasa Provinsi Maluku memilih Bapak Jerson Jon Des Tipak, seorang tokoh masyarakat, pecinta budaya, sekaligus Kepala SD Inpres Werwaru yang sudah berpengalaman melatih anak-anak untuk Tarian Seka Sikin ini.

Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin dibuka langsung oleh Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Maluku Barat Daya, Ibu Wendy Josephina Laipeny, S.E. yang mewakili Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya. Dalam sambutannya, Ibu Wendy mengucapkan terima kasih kepada Kantor Bahasa Provinsi Maluku yang telah merevitalisasi Sastra Seka Sikin yang hampir punah di Kabupaten Maluku Barat Daya. Beliau berharap kegiatan ini jangan hanya berhenti sampai di sini saja, tetapi kegiatan serupa dilakukan juga di daerah lainnya di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Di dalam Pementasan Revitalisasi Sastra Seka Sikin tersebut, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Bapak Sahril, S.S., M.Pd. menyerahkan sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp500,000 kepada perwakilan dari 45 peserta. Adapun yang mewakili penyerahan sertifikat dan uang pembinaan tersebut adalah Lovely Nahakleta dan Nikodemus Tetiaha.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.