Pembukaan Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar

0
180

Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah Untuk Tunas Bahasa Ibu di Kabupaten Kepulauan Tanimbar secara resmi telah dibuka oleh Asisten III Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Poli D. F. Matitaputty, S.Pi..

Pembukaan tersebut dilasanakan pada hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dimulai pukul 09.00 WIT di Gedung Kesenian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pembukaan secara resmi ditandai dengan pemukulan tifa oleh Asisten III Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang didampingi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pembukaan tersebut dihadiri oleh pimpinan OPD Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan guru utama yang berjumlah 61 orang.

Dalam sambutan penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Poli D. F. Matitaputty, S.Pi. menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah memilih bahasa Yamdena untuk direvitalisasi dari 38 bahasa daerah yang direvitalisasi di seluruh Indonesia. Disampaikan juga oleh penjabat bupati bahwa pemerintah daerah Kabupten Kepulauan Tanimbar siap menyukseskan dan membantu pelaksanaan pelatihan guru utama ini.

Kegiatan pelatihan ini akan diselenggarakan mulai tanggal 25—29 Juli 2022. Dalam waktu 5 hari tersebut, 61 orang guru utama akan diajarkan enam materi sesuai dengan target mata lomba yang telah ditetapkan, yakni menulis cerpen, menulis dan membaca puisi, berpidato, mendongeng, menyanyi, dan lawakan tunggal/stand up comedy. Setelah mengikuti pelatihan selama 5 hari tersebut, guru utama yang berjumlah 61 orang ini akan mengajarkan enam materi yang telah didapatkan kepada 960 siswa, yang terdiri atas siswa SD sebanyak 560 dan siswa SMP sebanyak 400. Seluruh materi tersebut akan diajarkan kepada seluruh siswa dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.