Festival Tunas Bahasa Ibu di Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2022

0
167

Kantor Bahasa Provinsi Maluku menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di Kabupaten Maluku Tenggara. Tahapan Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku sudah masuk pada tahap FTBI yang diselenggarakan di Pantai Ngiarwarat, Ohoidertawun, Kabupaten Maluku Tenggara. Kabupen Maluku Tenggara adalah kabupaten perdana yang melaksanakan FTBI di tingkat kabupaten dari dua kabupaten lain yang menyelenggarakan Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku, yakni Kabupaten Buru dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

FTBI ini dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Oktober 2022. Pelaksanaan FTBI bersamaan dengan pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei (FPMK). Hal itu sesuai dengan arahan dari pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Bahasa Kei adalah target dari Revitalisasi Bahasa Daerah di kabupaten Maluku Tenggara ini. Pelaksanaan FTBI tentunya menggunakan bahasa Kei yang direvitalisasi.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril, S.S., M.Pd. dalam sambutannya saat pembukaan pelaksanan FTBI mengatakan bahwa ada tiga bahasa yang direvitalisasi di Provinsi Maluku, salah satunya adalah bahasa Kei. Secara nasional, terdapat 39 bahasa yang direvitalisasi di 12 provinsi, salah satu provinsi itu adalah Maluku.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dalam sambutannya saat pembukaan pelaksanaan FTBI juga mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan FTBI yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pelaksanaan FTBI ini adalah bentuk konkret kepedulian terhadap bahasa Kei. Salah satu bentuk kepedulian terhadap bahasa Kei yang selama ini sudah berjalan, dapat dibuktikan dengan  penggunaan bahasa Kei setiap hari Jumat di lingkungan pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara. Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun membuka secara resmi pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) dan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) ini.

Kepala KBPM bersama Bupati Kabupaten Maluku Tenggara

Terdapat Enam mata lomba yang dipertandingkan saat pelaksanaan FTBI, yakni Menulis dan Membaca Puisi, Mendongeng, Menyanyi, Lawakan Tunggal/Stand Up Comedy, Menulis Cerpen, dan Berpidato. Seluruh pelaksanaan pertandingan enam mata lomba ini menggunakan bahasa Kei.

Ada 31 sekolah yang mengikuti pelaksanaan FTBI ini dengan total siswa yang terdiri atas SD dan SMP sebanyak 144 orang. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut.

NOJENJANGMATA LOMBAJUMLAH
1SDMenulis dan Membaca Puisi17
2SDMenulis Cerpen11
3SDMendongeng14
4SDBerpidato12
5SDMenyanyi14
6SDLawakan Tunggal/Stand Up Comedy11
7SMPMenulis dan Membaca Puisi13
8SMPMenulis Cerpen10
9SMPMendongeng9
10SMPBerpidato9
11SMPMenyanyi13
12SMPLawakan Tunggal/Stand Up Comedy11
TOTAL144

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara menyiapkan tiga tempat lomba. Adapun panggung pertama adalah tempat pelaksanaan lomba Menulis dan Membaca Puisi, Lawakan Tunggal/Stand Up Comedy, dan Menyanyi. Panggung kedua adalah tempat pelaksanaan lomba Berpidato dan Mendongeng. Pelaksanaan lomba Menulis Cerpen dilaksanakan di sekitar pantai Ngiarwarat itu, agar inspirasi seluruh siswa yang ikut lomba bisa mengalir dalam menulis cerpen.

Penampilan peserta FTBI

Kantor Bahasa Provinsi Maluku memberikan uang pembinaan kepada pemenang setiap mata lombanya dengan ketentuan sebagai berikut, yakni pemenang pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp500.000,00, pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp400.000,00, dan pemenang ketiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp300.000,00. Seluruh sekolah yang mengikuti pelaksanaan FTBI ini yang berjumlah 31 sekolah mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp500.000,00 setiap sekolahnya.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang

Pelaksanaan FTBI ini mendapat apresiasi yang begitu besar dari pemerintah daerah dan masyarakat. Hal itu bisa dibuktikan dengan begitu antusiasnya dukungan yang diberikan pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam menyiapkan tempat lomba dan segala hal yang berkaitan untuk pelaksanaan FTBI itu. Selain itu, antusias dan ramainya masyarakat yang menyaksikan penampilan seluruh siswa dengan enam mata lomba itu juga merupakan bentuk dukungan dari masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara. Pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

Adapun nama-nama siswa dan nama-nama sekolah yang menjadi pemenang dari setiap mata lombanya, baik jenjang SD maupun SMP adalah sebagai berikut.

Selamat kepada seluruh pemenang!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.