Persiapan  Menuju Puncak FTBI Tingkat Provinsi dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku

Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat provinsi sudah di depan mata, lalu bagaimanakah persiapan dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku? Mari kita ulas lebih dalam. 

Kantor Bahasa Provinsi Maluku sebagai penyelenggara FTBI tingkat provinsi semakin gencar mempersiapkan pelaksanaan FTBI tingkat provinsi yang sudah tinggal hitungan hari. Dalam dua hari ke depan, pelaksanaan FTBI akan digelar di Lapangan Merdeka Ambon. Pelaksanaan FTBI tingkat provinsi ini dimeriahkan oleh dua penyanyi lokal, yakni Justy Aldrin dan Toton Caribo. Dua penyanyi Maluku yang sedang naik daun ini, akan memeriahkan dan menghibur seluruh tamu undangan pada puncak FTBI tingkat provinsi tersebut. Lagu mereka yang viral, sehingga mengantarkan mereka naik daun akan dilantunkan di Lapangan Merdeka Ambon. Penasaran bukan? Saksikan langsung di Lapangan Merdeka Ambon.

Waktu Pelaksanaan FTBI tingkat provinsi sudah sangat dekat, lalu bagaimanakah persiapan Kantor Bahasa Provinsi Maluku dalam menyongsong puncak FTBI tingkat provinsi? 

Tahap awal yang dilakukan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril, S.S., M.Pd. sebagai penanggung jawab pelaksanaan FTBI tingkat provinsi ini adalah menyusun konsep dan membentuk kepanitiaan yang akan mempersiapkan puncak FTBI tingkat provinsi agar spektakuler. Setelah kepanitiaan terbentuk, maka Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril, S.S., M.Pd. membahas tentang konsep FTBI tingkat provinsi tersebut kepada panitia. Beliau sangat optimis pelaksanaan FTBI ini akan spektakuler.

Arie Rumihin, S.I.Kom. yang ditunjuk oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril, S.S., M.Pd. sebagai ketua panitia, langsung membentuk tim. Tim tersebut terdiri atas tim acara, tim sponsor, tim perlengkapan, akomodasi, dan transportasi, tim publikasi dan dokumentasi, tim konsumi dan kesehatan, dan tim sponsor. Setiap tim tersebut, tentunya memiliki koordinator yang mengarahkan anggotanya untuk bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan. Arie Rumihin, S.I.Kom. mengatakan sejauh ini kesiapan pelaksanaan FTBI tingkat provinsi sudah mencapai 90% .

Dari tim acara yang dikoordinatori oleh Tenti Septiana, S.Hum. itu menjelaskan bahwa tim yang dipimpinnya telah bekerja secara profesional. Hal itu ditandai dengan sudah matangnya konsep acara yang akan disuguhkan kepada tamu undangan yang datang ke puncak FTBI tingkat provinsi tersebut. Tim acara telah menyusun dan membagi atas dua kegiatan penting yang akan ada di dalam FTBI tingkat provinsi tersebut. Kegiatan pertama adalah adanya perlombaan untuk jenjang TK hingga SMP. Perlombaan itu terdiri atas Lomba Tarompa dan Benteng (SD & SMP), Lomba Mewarnai (TK), dan Lomba Kuli Bia (SD). Tidak kalah menariknya, akan ada penampilan musikalisasi puisi dan komunitas-komunitas yang berasal dari Ambon. Sampai hari ini, kesiapan dari tim acara sudah mencapai 90%. Hari ini, Kamis, pukul 19.30 WIT akan dilaksanakan geladi kotor dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang akan menampilkan drama kolosal yang spektakuler dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing, yakni bahasa Kei, bahasa Buru, dan bahasa Yamdena.  

Tim Sponsor yang dikoordinatori oleh Linda Margret Heumasse, S.H. juga telah bekerja maksimal dalam mendapatkan sponsor yang akan mendukung pelaksanaan FTBI tingkat provinsi tersebut. Tim sponsor ini telah bekerja mulai dari tanggal 3 November hingga saat ini. Sampai detik ini, jumlah yang menjadi sponsor FTBI tingkat provinsi ini sebanyak 18. Total 18 sponsor itu terdiri atas Swiss-Bell Hotel Ambon, Hotel Santika, Bank Mandiri Unit Wayame, Hyundai Ambon, Suzuki Ambon, Telkomsel Ambon, Bukit Lateri Indah, Kosmetik Wardah Ambon, Coca Cola Ambon, Yakult Ambon, Alfamidi Ambon, Maxim Cabang Ambon, Mister Donut, Dian Pertiwi Ambon, Dua Satu Motor Ambon, PT Gelora Aksara Pratama, Air Mineral Waiseri, dan Dea Mua. Seluruh sponsor ini akan menampilkan produknya masing-masing di stan yang telah ditentukan. 

Tim Perlengkapan, Akomodasi, dan Transportasi yang dikoordinatori oleh Zulfan Usman Toekan, S.E. juga bekerja secara maksimal dalam memenuhi kebutuhan perlengkapan saat pelatihan yang dilakukan di Ambon dan menyediakan bahkan memastikan peralatan yang dibutuhkan oleh seluruh peserta saat tampil di Lapangan Merdeka Ambon nanti. Tim ini juga yang akan memastikan akomodasi dan transportasi yang digunakan saat pelatihan di Ambon dan pelaksanaan FTBI tingkat provinsi tersebut. Menurut Zulfan Usman Toekan, S.E., kesiapan untuk puncak FTBI tingkat provinsi sudah mencapai 90%.

Tim Publikasi dan Dokumentasi yang dikoordinatori oleh Ade Putra Halomoan Siregar, S.T. telah bekerja secara profesional. Hal itu ditandai dengan adanya publikasi yang diterbitkan oleh Tribun setiap harinya, mulai dari peserta yang berasal dari tiga kabupaten tiba di Ambon hingga saat ini. Tim Publikasi dan Dokumentasi akan gencar-gencarnya memublikasikan seluruh peserta saat pelatihan dari tiga kabupaten di Ambon dan siap mendokumentasikan pelaksanaan FTBI tingkat provinsi yang akan segera diselenggarakan di Lapangan Merdeka Ambon. Menurut Ade Putra Halomoan Siregar, S.T., kesiapan untuk puncak FTBI tingkat provinsi sudah mencapai 90%.

Tim Konsumsi dan Kesehatan yang dikoordinatori oleh Masnita Panjaitan, S.S. juga telah bekerja secara maksimal dalam melayani di bidang konsumsi dan kesehatan. Mulai dari peserta yang berasal dari tiga kabupaten tiba di Ambon hingga saat ini terus bekerja secara maksimal. Moto dari tim ini adalah ‘Gizi Anda adalah Prioritas Kami’. Moto itu benar-benar nyata saat tim ini menghidangkan makanan kepada seluruh peserta dan guru pendamping mulai dari hari pertama hingga saat ini. Benar-benar pelayanan yang luar biasa. Masnita Panjaitan, S.S. memastikan konsumsi dan kesehatan peserta, baik saat pelatihan hingga puncak pelaksanaan FTBI tingkat provinsi aman terkendali. Kesiapan untuk puncak FTBI tingkat provinsi dari tim ini sudah mencapai 90%. 

Pelaksanaan FTBI tingkat provinsi dilaksanakan di Lapangan Merdeka Ambon, Jalan Raya Pattimura, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada hari Sabtu, 3 Desember 2022.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top