Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Maluku Tahun 2023

Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Maluku Tahun 2023 telah sukses diselenggarakan pada Jumat, 13 Mei 2023. Gedung Pertunjukan BPK XX Maluku menjadi tempat penyelenggaran festival yang diikuti oleh 15 sekolah dari beberapa daerah di Provinsi Maluku. Kepala BPK XX Maluku, Dody Wiranto, S.S.,M. Hum. secara resmi membuka festival yang dihadiri oleh ratusan orang, yang terdiri atas para peserta, guru pendamping, kepala sekolah, tamu undangan, dan para pendukung yang ikut memeriahkan festival. Selain melalui luring, festival juga dapat disaksikan melalui daring melalui siaran langsung di halaman Facebook Kantor Bahasa Maluku. Dalam sambutannya, Wiranto menyampaikan dukungannya dan berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus berlanjut di tahun mendatang.

Festival Musikalisasi Puisi dilaksanakan dengan tujuan memasyarakatkan sastra puisi dan musikalisasi puisi, khususnya bagi siswa SMA. Kegiatan ini juga menjadi wadah pelajar SMA untuk menyalurkan dan mengembangkan gagasan, minat, bakat, kreativitas, dan kemampuan dalam bidang musikalisasi puisi. Festival ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Balai dan Kantor Bahasa yang ada di Indonesia. Pemenang I dan II di tingkat provinsi akan mewakili daerahnya dalam Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional. Tema Kita dan Kota yang diusung Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa tercermin dalam daftar puisi wajib dan pilihan. Puisi wajib yang dibawakan para peserta tahun ini, yaitu Sebuah Kota, karya Ahda Imran dan puisi pilihan yang dapat dipilih untuk dibawakan peserta, antara lain Aku Terus Berjalan, karya Tjak S. Parlan, Kota dan Kau, karya Frischa Aswarini, dan Berilah Aku Kota, karya Subagio Sastrawardoyo. 

Penampilan para peserta di provinsi Maluku tahun ini dinilai oleh dewan juri yang berkompeten, yaitu Sahril, Falantino E. Latupapua, Weslly Johannes, Eko S. Poceratu, dan Marthen S. Luturmas. Setelah melakukan penilaian, SMA Negeri 4 Ambon diputuskan menjadi Pemenang I Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Maluku Tahun 2023 dengan total nilai 410. Selanjutnya, pemenang II adalah SMA Negeri 1 Ambon dengan nilai 384 dan disusul Pemenang III, SMA Negeri 12 Ambon, dengan nilai 369. SMA Negeri 3 Ambon, SMA Negeri 1 Seram Bagian Barat, dan SMA Negeri 7 Maluku Tengah adalah Pemenang IV, V, VI dengan nilai 368, 358, dan 335. Para pemenang mendapat trofi, uang pembinaan, serta hadiah hiburan dari sponsor kegiatan.

Pemenang I dan II akan mewakili Provinsi Maluku dalam Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional Tahun 2023. Adapun para pemenang provinsi akan melewati tahap latihan, pembimbingan juri, dan perekaman video yang akan diunggah melalui kanal YouTube  Kantor Bahasa Provinsi Maluku.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 4 =

Scroll to Top