Pengumpulan Data untuk Penyusunan Kamus Percakapan Bahasa Daerah di Desa Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat

Tim Perkamusan dan Peristilahan Kantor Bahasa Provinsi Maluku telah melaksanakan pengumpulan data untuk penyusunan kamus percakapan bahasa daerah di Desa Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2 s.d. 7 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pembicaraan dalam audiensi antara Kepala Desa Hatusua dengan Kantor Bahasa Provinsi Maluku pada 22 Juni 2023. Pada audiensi tersebut, Kepala Desa Hatusua meminta bantuan kepada tim dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku untuk menyusun kamus percakapan bahasa daerah sebagai upaya pelestarian bahasa daerah di Desa Hatusua. Inisiatif ini diambil mengingat penutur aktif yang menguasai bahasa daerah di desa tersebut hanya dua orang dan sudah berusia 88 dan 86 tahun. Selain itu, Kamus percakapan yang akan disusun tersebut rencananya akan digunakan sebagai bahan untuk pengajaran bahasa daerah di Desa Hatusua.

Kegiatan pengambilan data berjalan dengan lancar dan mendapat antusias dari kepala pemerintahan dan masyarakat di Desa Hatusua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top