Peserta UKBI Tembus 0,5 Juta!

Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda, Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis, dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan.

Generasi pertama UKBI diresmikan pada 2005. Dalam kurun waktu 16 tahun, periode 2005–2020, peserta UKBI hanya mencapai angka 91.881.

Pada 29 Januari 2021, generasi keempat UKBI diluncurkan secara resmi oleh Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, dengan nama UKBI Adaptif Merdeka.

Sejak diresmikan pada 29 Januari 2021 sampai dengan 17 Agustus 2023, kurang dari tiga tahun, peserta UKBI Adaptif Merdeka telah menembus lebih dari setengah juta pengguna.

Ini adalah capaian membanggakan sekaligus hadiah terindah untuk negara dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek.

Teruji lebih terpuji!

Unggah ulang dari @badanbahasakemendikbud

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top