Stan Bahasa Kantor Bahasa Provinsi Maluku Meriahkan Festival Al Fatah Tahun 2024

Ratusan anak antusias menyerbu stan Kantor Bahasa Provinsi Maluku selama perayaan Festival Al Fatah Tahun 2024 yang berlangsung pada 24—28 Februari 2024 di pelataran Masjid Al Fatah Ambon. Beberapa di antaranya setia hadir setiap sore hingga larut malam demi membaca koleksi buku terbitan Kantor Bahasa Provinsi Maluku.

Yayasan Al Fatah Ambon melaksanakan kegiatan Festival Al Fatah Tahun 2024 dalam rangka menyongsong Bulan Suci Ramadan tahun ini. Festival tersebut diisi dengan kegiatan seminar budaya, pameran budaya, pentas budaya, dan pasar festival yang diikuti oleh beberapa instansi serta masyarakat di kota Ambon.

Kantor Bahasa Provinsi Maluku (KBPM) memenuhi undangan dari Yayasan Al Fatah Ambon untuk mengisi stan dalam pameran budaya pada festival tersebut. KBPM membuka stan bahasa yang menyediakan buku-buku bacaan dan cerita rakyat terbitan KBPM agar dapat dibaca secara gratis oleh pengunjung.

Pengunjung stan bahasa didominasi oleh anak-anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang penasaran dengan koleksi buku yang disediakan. Buku yang disediakan untuk dibaca pun selalu habis dan menjadi rebutan para pengunjung. Luas stan yang disediakan tidak cukup menampung pengunjung yang datang sehingga sebagian dari mereka duduk untuk membaca di pelataran Masjid. KBPM memberikan berbagai hadiah berupa kudapan, alat tulis, dan tas kepada pengunjung yang telah membaca buku serta berhasil menjawab pertanyaan dari staf KBPM. Pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan yang bersumber dari buku yang telah dibaca oleh pengunjung. Pemberian hadiah ini merupakan bentuk apresiasi KBPM kepada para pengunjung yang tetap semangat membaca meskipun dengan keterbatasan kondisi yang ada.

Selain staf KBPM, para Duta Bahasa Provinsi Maluku juga turut hadir dan berpartisipasi dalam festival ini. Mereka aktif dalam mendampingi dan menjawab pertanyaan dari para pengunjung yang tertarik dengan koleksi buku KBPM. Bahkan, ada yang membacakan buku cerita rakyat kepada anak kecil yang belum bisa membaca tetapi sangat antusias dan penasaran dengan cerita-cerita rakyat di Maluku. Para pengunjung juga mendapatkan informasi tentang Duta Bahasa Provinsi Maluku dan pendaftarannya yang sedang dibuka hingga 22 Maret 2024.

Para pengunjung dan pengurus Yayasan Al Fatah Ambon mengapresiasi KBPM yang telah hadir serta menyediakan buku bacaan yang menarik selama festival ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − three =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top