Rapat Koordinasi Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku Tahun 2024

Kantor Bahasa Provinsi Maluku kembali mengundang Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan pemerintah daerah kabupaten pelaksana Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku tahun 2022 dan 2023 untuk melakukan Rapat Koordinasi Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku. Rapat koordinasi tahun ini dilaksanakan di Hotel Swiss Bel Ambon dari tanggal 6 Maret hingga 8 Maret 2024.

Adapun tujuan dari rapat ini adalah sebagai berikut.

● Menyepakati target sekolah (SD dan SMP) yang menjadi target Revitalisasi Bahasa Daerah di lima kabupaten tersebut
● Menyepakati tempat dan tanggal pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengajar Utama di lima kabupaten tersebut 
● Menyepakati tempat dan tanggal pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu di lima kabupaten tersebut
● Membahas tentang komitmen kontribusi pemerintah daerah terhadap anggaran pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah (sesuai komitmen pada tahun 2023) di lima kabupaten tersebut 
● Membahas rencana penyusunan peraturan tentang pelindungan bahasa daerah di lima kabupaten tersebut

Pembukaan diawali dengan penyampaian sambutan dan arahan dari Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Muh. Abdul Khak secara daring. Dalam kesempatan ini Abdul Khak menjelaskan kepunahan bahasa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya kepunahan sebelas bahasa daerah di Maluku.

Setelah sambutan dan arahan dari Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Dameria Hutapea, Juara I Kategori SD/Sederajat Lomba Video Kreatif Bertutur Cerita Rakyat Maluku (dalam Bahasa Daerah di Maluku) Tahun 2023 menyuguhkan bertutur cerita rakyat Gadis Meor. Penampilan Dameria mendapat apresiasi dari para peserta yang hadir.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji mewakili Gubernur Provinsi Maluku menyampaikan sambutan Gubernur Provinsi Maluku pada pembukaan. Dalam sambutannya,Gubernur Provinsi Maluku menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Bahasa Provinsi Maluku atas terselenggaranya kegiatan ini.

Pembukaan Rapat Koordinasi Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku tahun 2024 ditandai dengan pemukulan tifa.

Pada hari kedua pelaksanaan Rapat Koordinasi Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku tahun 2024 para perwakilan dari kabupaten pelaksana revitalisasi bahasa daerah tahun 2022 dan 2023 melakukan diskusi praktik baik pelaksanaan di daerah masing-masing.

Mereka berterima kasih kepada Kantor Bahasa Provinsi Maluku karena dengan adanya program Revitalisasi Bahasa Daerah, makin banyak masyarakat yang mulai menggunakan kembali bahasa daerah yang mulai terlupakan, khususnya pada generasi muda.

Kemudian diskusi dilanjutkan dengan membahas dan mencari kesepakatan mengenai pelaksanaan teknis Revitalisasi Bahasa Daerah di daerah masing-masing.

Setelah melalui diskusi yang cukup alot, akhirnya tercapailah kesepakatan yang dituangkan dalam rumusan hasil. Tim KKLP Pemodernan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra menyampaikan rumusan hasil keputusan bersama yang dibacakan dan disaksikan oleh seluruh peserta rapat. Perwakilan dari daerah pelaksana Revitalisasi Bahasa Daerah pun ikut membacakan kontribusi pemerintah daerah masing-masing pada Revitalisasi Bahasa Daerah tahun ini.

Di akhir rapat koordinasi, dilakukan penandatangan rumusan hasil serta komitmen bersama oleh seluruh perwakilan daerah dan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku.

Rapat Koordinasi Revitalisasi Bahasa Daerah di Provinsi Maluku tahun 2024 ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − ten =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top