Komunitas Satu Siswa Satu Tulisan (SASISATU)

Profil Komunitas

Di MTs Negeri 2 Maluku Tengah (MATSENADA), semangat literasi dihidupkan melalui komunitas Satu Siswa Satu Tulisan (SASISATU). Berdiri sejak tahun 2020, komunitas ini berawal dari lapak baca sederhana, dan kini telah berkembang pesat. Prestasi membanggakan pun diraih pada tahun 2023 dengan mengikuti kemah literasi di Tual dan menerbitkan antologi karya siswa berjudul Merangkai Kata Jadi Inspirasi. Komunitas SASISATU terdiri atas guru dan siswa, dengan Ibu Amilatur Rohmah Putri Fany, S.Pd., sebagai koordinator yang penuh dedikasi.

SASISATU MATSENADA Gelar Kegiatan Guru Tamu

Pada tanggal 23 Maret 2023, SASISATU MATSENADA berkolaborasi dengan MTs Negeri 2 Maluku Tengah untuk menyelenggarakan kegiatan Guru Tamu. Acara ini diikuti oleh para siswa MTs Negeri 2 Maluku Tengah dengan tema “Menelisik Berita di Media”. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memerangi hoaks, membangun kekebalan terhadap berita palsu, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Sebagai bagian dari komitmen bersama dalam meningkatkan literasi digital dan daya kritis siswa terhadap informasi di media, MTs Negeri 2 Maluku Tengah dan Mafindo Maluku menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). Dukungan tambahan juga diberikan oleh SASISATU dan Komunitas Belajar (Kombel) MTs Negeri 2 Maluku Tengah untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan acara.

Secara keseluruhan, kegiatan Guru Tamu ini merupakan langkah positif dalam memerangi hoaks dan meningkatkan literasi digital di kalangan siswa. Diharapkan melalui kegiatan ini, para siswa dapat menjadi pengguna media yang lebih cerdas dan kritis, serta terhindar dari dampak negatif hoaks.

Karya

Antologi Buku Merangkai Kata Jadi Inspirasi karya Asri Amelia Kedang, dkk.

Dokumentasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + four =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top