Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024

Feardy Giovani Sipahelut dan Lora M.J. Tatipakalawan berhak mewakili Maluku dalam Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2024 setelah terpilih menjadi Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024. Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku diselenggarakan pada Jumat, 10 Mei 2024 di Gedung Pertunjukan Kantor Bahasa Provinsi Maluku dan dihadiri oleh para tamu undangan serta pendukung finalis yang bersaing dalam tahapan pemilihan yang telah dilakukan sejak bulan April lalu. Sebelumnya, 30 finalis Duta Bahasa Provinsi Maluku mendapatkan pembekalan dan penilaian materi tentang wawasan kebahasaan, teknik wicara publik, pembuatan konten media sosial, dan krida Duta Bahasa. Pada akhir pembekalan, peserta menunjukkan bakat mereka dalam penampilan seni dan budaya.

Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku berlangsung dengan meriah. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa, dalam sambutannya menyampaikan, “Duta Bahasa adalah generasi muda mitra pembinaan kebahasaan dan kesastraan yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, serta memiliki kemampuan berbahasa asing untuk meningkatkan fungsi bahasa Indonesia di tingkat internasional.” Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan tifa oleh Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Ambon, Robert Sapulette, mewakili Pj. Wali Kota Ambon. Dalam sambutannya, Wali Kota Ambon berharap dengan diadakannya Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024 dapat meningkatkan peran generasi muda dalam memanfaatkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaannya masing-masing, apalagi di tengah-tengah tantangan pergaulan antarbangsa, keanekaragamanan suku bangsa, serta budaya dan bahasa daerah justru seharusnya dapat menjadi modal untuk memperekat jati diri bangsa.

Setelah dibuka secara resmi, 30 finalis diperkenalkan kepada para juri dan hadirin yang memadati Gedung Pertunjukan Kantor Bahasa Provinsi Maluku. Juri pada Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024 adalah Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa; Penjabat Ketua TP PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena; Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Universitas Pattimura, Falantino E. Latupapua. Selanjutnya, Marvin Patty dan Lieng Liliyanti Baranjanan. Duta Bahasa Provinsi Maluku yang bertugas sebagai pewara membacakan sepuluh besar finalis yang terpilih berdasarkan penilaian selama masa pembekalan. Sepuluh finalis tersebut kemudian menjawab pertanyaan dari dewan juri untuk menentukan enam besar Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024. 

Hasil penilaian juri menetapkan tiga finalis dari kategori putra, yaitu Staner Luther Imbing, Feardy Giovani Sipahelut, dan Imanuel Petrus C. Tomasoa. Tiga finalis dari kategori putri, yaitu Lora M.J. Tatipikalawan, Valery Irela A. Lumintang, dan Brinet Claudia Tuarissa. Keenam finalis selanjutnya menjawab pertanyaan final dari para dewan juri untuk menentukan pemenang Duta Bahasa Provinsi Maluku tahun 2024.

Akhirnya, setelah diskusi yang cukup alot di antara dewan juri dan dengan dasar penilaian sejak seleksi, pelaksanaan krida, pembekalan, hingga tanya-jawab pada malam final pemilihan tersebut,  mereka menetapkan para pemenang Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024. Para pemenang tersebut adalah sebagai berikut.

Pemenang I Kategori Putra adalah  Feardy Giovani Sipahelut.

Pemenang II Kategori Putra adalah  Staner Luther Imbing.

Pemenang III Kategori Putra adalah  Petrus C. Tomasoa.

Pemenang I Kategori Putri adalah  Lora M.J. Tatipikalawan.

Pemenang II Kategori Putri adalah  Brinet Claudia Tuarissa.

Pemenang III Kategori Putri adalah  Valery Irela A. Lumintang.

Pemenang Favorit Kategori Putra adalah Desmon W. M. Unetbu.

Pemenang Favorit Kategori Putri adalah Alensya Lenora Ampoa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top