Penampilan Memukau Peserta asal Provinsi Maluku di Panggung Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2024

Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) Tahun 2024 telah berhasil terselenggara. Penyelenggaraan rangkaian FTBIN 2024 dimulai dari 2 hingga 5 Mei 2024. Acara pembukaan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. FTBIN dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Mendikburistek menilai, semangat para peserta dari berbagai daerah menjadi modal berharga untuk memastikan lahirnya tunas-tunas penutur muda bahasa daerah. Oleh karena itu, sejak tahun lalu dan sampai saat ini di setiap pembukaan FTBIN, Nadiem mengaku terpesona dengan penampilan peserta FTBIN yang sangat kaya menampilkan keragamanan talenta para penutur muda bahasa ibu yang penuh kreativitas.

Pada kesempatan ini, tiga peserta FTBIN dari Maluku menampilkan nyanyian dalam bahasa Yamdena (Falentina Jen Angwarmase), nyanyian rap dalam bahasa Tarangan Barat (Dofyon Seltit), dan puisi dalam bahasa Kei (Aprilia Constanthina Heatubun. Mereka tampil di hadapan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta ratusan hadirin yang memadati aula Hotel Sultan, Jakarta. Penampilan mereka mendapat apresiasi dari para hadirin dan warganet yang menyaksikan siaran langsung melalui kanal Youtube Kemdikbudristek.  

Penghargaan diberikan kepada pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru atas dukungan dan partisipasi aktif dalam menyukseskan program Revitalisasi Bahasa Daerah. Penghargaan diberikan langsung kepada Bupati Kepulauan Aru yang hadir dalam pembukaan FTBIN di Hotel Sultan, Jakarta. Pemerintah pun mengapresiasi dukungan semua  pemerintah daerah yang memungkinkan RBD berjalan sebaik saat ini.

Apresiasi Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional Tahun 2024 

Penampilan peserta asal Maluku berhasil memukau seluruh hadirin yang mengikuti Apresiasi Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional 2024 di Hotel Sultan, Jakarta. Mereka menampilkan bahasa daerah yang disajikan dalam sebuah drama musikal tentang pentingnya penggunaan bahasa daerah, terlebih di tengah gempuran maraknya penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari. Pada acara penutupan, penyanyi rap cilik asal Kabupaten Kepulauan Aru tampil menyanyikan rap menggunakan bahasa Melayu Ambon dan bahasa Tarangan Barat. Penampilan disambut meriah oleh para hadirin yang berasal dari seluruh Indonesia. 

Penampilan peserta asal Maluku pada Tunas Bahasa Ibu Nasional Tahun 2024 dapat disaksikan melalui kanal Youtube Kantor Bahasa Provinsi Maluku.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 10 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top